PELUANG BISNIS KECIL UKM AYOK GABUNG DENGAN KAMI

Peluang Bisnis Kecil UKM

Selamat datang para pelaku UKM Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan mengshare tentang berbagai macam peluang bisnis kecil/UKM dengan prospek keuntungan yang lumayan menjanjikan. Mengingat bisnis kecil saat ini menjadi salah satu peluang usaha yang banyak dilirik oleh berbagai kalangan.

Selain itu, anggapan bahwa menjalankan bisnis harus dengan modal besar kini sudah terjawab dengan munculnya berbagai inspisari bisnis UKM yang mana telah banyak terbukti para pengusaha sukses, yang mengawali usahanya mulai dari nol atau dari kecil dulu. Jadi, tidak harus investor kaya, Ibu rumah tangga dan pelajar pun bisa memulai merintis usahanya,

Tips Memulai Peluang Bisnis Kecil UKM

Sebelum membahas mengenai inspirasi bisnis UKM yang memiliki peluang besar, ada baiknya Anda membaca tips tentang kiat-kiat menjalankan UKM bisnis seperti ulasan di bawah ini.

Kiat Sukses Pelaku UKM Bisnis

  1. Memasarkan Barang dengan Harga Terjangkau

    Salah satu trik pertama yang harus Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan peluang bisnis UKM adalah dengan memasang harga yang ekonomis. Apapun bisnis UKM yang dijalankan, sebaiknya Anda awali dengan penekanan harga jual seminimal mungkin.

    Memasarkan harga jual yang rendah lebih mudah dari pada menjual barang dengan harga mahal. Walaupun bisnis kecil juga membutuhkan modal kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang besar jika Anda tekun menjalankannya.

  2. Menghadirkan Ciri Khas

    Cara menjalankan peluang bisnis kecil UKM selanjutnya adalah dengan menciptakan suatu ciri khas tersendiri. Dalam hal ini, bisnis UKM yang memiliki ciri khas akan lebih mudah diingat oleh konsumen serta menjadi strategi dalam menghadapi persaingan antar bisnis.

  3. Menciptakan Inovasi Baru

    Jika sudah menjalankan peluang bisnis kecil UKM, maka Anda harus terus menciptakan inovasi baru sebagai usaha untuk meningkatkan keuntungan lebih. Jika ingin memulai bisnis makanan, maka Anda bisa menambah dengan menu-menu baru yang menarik sehingga dapat lebih menarik perhatian pada konsumen.

  4. Memilih Barang dengan Daya Guna Tinggi

    Mencari jenis peluang bisnis kecil UKM memang tidak mudah. Namun, jika mengetahui trik menjalankan bisnis UKM tersebut, semua kesulitan akan segera teratasi. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah merencanakan bisnis kecil Anda dengan produk barang yang sangat berguna untuk masyarakat.

    Dengan begitu, Anda akan lebih mudah didatangi oleh para pembeli karena nilai guna yang tinggi pada produk yang Anda tawarkan.

Bisnis UKM Terbaru

Nah, setelah Anda membaca cara-cara menjalankan dan mengetahui peluang bisnis kecil UKM di atas, berikutnya adalah mengenai beberapa info bisnis UKM atau contoh jenis bisnis UKM yang kami harap bisa menginspirasi Anda semua.

Contoh Jenis Bisnis Ukm Yang Berprospek Cerah

  1. Bisnis Kuliner

    Memulai bisnis dalam bidang kuliner merupakan peluang bisnis kecil UKM yang paling mudah dijalankan. Kunci utama yang harus Anda pegang adalah dengan menentukan lokasi pemasaran yang tepat, seperti di area perkantoran, sekolah, maupun perkotaan.

    Bisnis UKM berupa makanan membutuhkan modal yang relatif kecil. Dan jika Anda menjalankannya dengan tepat, maka keuntungan yang didapatkan sangat menjanjikan. Menjual makanan sesuai lidah orang Indonesia adalah cara paling mudah untuk memulai bisnis kuliner.

    Contoh UKM bisnis dalam bidang kuliner adalah menjual gorengan, mendirikan kedai kopi, menjual aneka es, menjual jagung bakar, dan menjual makanan ringan lainnya. Modal yang dibutuhkan rata-rata hanya sekitar Rp 500.000,00 saja.

  2. Bisnis Toko Kelontong

    Bagi Anda yang bertempat tinggal jauh dari pusat kota, maka peluang bisnis kecil UKM dengan membuka toko kelontong adalah inspirasi tepat yang bisa Anda lakukan. Memulai bisnis toko kelontong membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.

    Jika Anda bisa menyediakan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar, maka kemungkinan besar bisnis UKM Anda akan berjalan dengan lancar. Terutama jika di sekitar lokasi tempat tinggal Anda masih belum terdapat toko kelontong lainnya.

  3. Usaha Potong Rambut

    Membuka usaha potong rambut pada prinsipnya hanya membutuhkan modal berupa bakat, gunting, sisir, dan kain. Dalam hal ini yang dimaksud adalah potong rambut khusus laki-laki karena peralatan yang dibutuhkan lebih minimal jika dibandingkan dengan usaha membuka salon wanita.

    Bagi Anda yang merasa memiliki kelebihan memotong rambut dengan gaya-gaya terkini sesuai dengan trend anak muda zaman sekarang, maka Anda bisa mulai menjalankan peluang bisnis kecil UKM tersebut.

  4. Membuka Jasa Penjahitan

    Modal yang dibutuhkan untuk memulai peluang bisnis kecil UKM ini hanyalah mesin jahit dan perangkat lainnya seperti gunting, meteran, dan sebagainya. Modal yang relatif kecil bisa Anda gunakan sebagai siasat untuk memulai bisnis UKM.

    Selain itu, Anda harus benar-benar memiliki kemampuan dalam menjahit. Sebab, bisnis kecil dengan menawarkan jasa harus dilakukan dengan tekun hingga Anda mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.

  5. Usaha Bimbingan Belajar

    Memiliki bakat lebih dalam hal materi pembelajaran merupakan sebuah modal yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan peluang bisnis kecil UKM berupa jasa bimbingan belajar.

    Bisnis kecil ini terutama sangat cocok jika dijalankan di daerah pedesaan, sehingga Anda bisa membuka jasa bimbingan belajar di dalam rumah Anda, tanpa harus mengikuti lembaga resmi atau menyewa gedung sebagai lokasi pelaksanaannya.

  6. Menjual Aksesoris Wanita

    Menjalankan peluang bisnis kecil UKM yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara dropship sehingga Anda benar-benar tidak perlu mengeluarkan modal awal. Namun, bagi Anda yang memiliki bakat keterampilan seperti membuat aksesoris wanita, sebaiknya Anda membuat karya seni sendiri dari tangan Anda.

    Modal yang dibutuhkan juga relatif kecil dan Anda bisa memasarkan secara online melalui sosial media, di website, maupun blog.

  7. Jasa Servise Alat Elektronik

    Kunci utama menjalankan UKM bisnis kali ini adalah dengan mengutamakan kemampuan Anda dalam memperbaiki alat elektronik. Salah satu jasa servise yang paling banyak dicari saat ini adalah servise handphone, laptop, dan komputer.

    Bagi para pelajar jurusan teknik listrik, tentu memiliki keterampilan lebih dalam menjalankan peluang bisnis kecil UKM ini. Modal relatif kecil dan keuntungan yang diperoleh juga menjanjikan.

  8. Membuka Laudry

    Peluang bisnis kecil UKM selanjutnya yang dapat kami sarankan adalah memulai bisnis laundry. Membuka jasa laundry lebih tepat jika dilakukan di area perkotaan dan kampus. Sebab, tingkat kesibukan masyarakat sekitar akan mempengaruhi intensitas penggunaan jasa laundry.

    Modal yang dibutuhkan hanyalah beberapa mesin cuci, setrika, serta lahan yang luas yang berguna untuk menjemur pakaian-pakian tersebut. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis laundry cukup menjanjikan.

Demikian beberapa peluang bisnis kecil UKM yang dapat kami bagikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.