5 Ide dan Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

5 Jenis Ide dan Peluang Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

    Suatu ide dan peluang bisnis rumahan dengan modal kecil berprospek menjanjikan, tidak bergantung dari besaran modalnya. Hanya dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan keseriusan untuk merintis gagasan bisnis rumahan. Maka siapapun bisa menyulap hobi atau keterampilan menjadi bisnis rumahan. Dari yang semula hanya ada di dalam pemikiran, diwujudkan sebagai peluang bisnis rumahan.

Biasanya ide dan peluang bisnis rumahan dengan modal kecil akan terlintas jika menyadari kebutuhan hidup mulai minimal. Dari motivasi itu keinginan bisa berubah menjadi rencana matang, berlanjut tindakan nyata agar segera mendapatkan tambahan uang.


Mengapa pilih bisnis rumahan?
Bagi pemula dengan dana terbatas tentu saja kucuran modal awal harus diefektifkan. Maka, jadikan rumah sebagai ruang usaha. Fokuskan ide dan peluang bisnis rumahan dengan modal kecil. Tidak ada pilihan yang spesifik, apa pun jenis usahanya bisa meraih sukses, asalkan ide bisnis tersebut memang disukai atau dibutuhkan orang banyak.


5 Ide dan Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil

1. Bisnis Kaos Motivasi

Pesatnya tren fashion di masyarakat membuka pintu ide dan peluang bisnis rumahan di bidang design pakaian. Bisnis yang dijalankan dari rumah ini aman dari resiko. Pelanggan pun senantiasa berdatangan selama mereka senang dengan produk yang ditawarkan. Salah satunya adalah mode kaos motivasi.

Sebuah kaos tidak hanya menarik karena warna maupun design unik. Kaos juga semakin menarik dengan tambahan kata-kata motivasi. Dengan menjamurnya distro dan factory outlet, maka ide dan peluang bisnis rumahan itu pun bisa kapan saja melonjak.

Kata-kata motivasi sebisa mungkin unik, orisinil, dan mengedukasi. Anda bisa merancang design kreatifnya dengan software di laptop atau komputer. Serta mencari ide kalimat yang menarik dari sumber buku atau internet.


  • Tips Usaha Kaos Rumahan

Sebagai permulaan jalinlah kerjasama dengan konveksi untuk membuat beberapa macam kaos motivasi. Untuk pemasaran, tawarkan kepada distro, factory outlet, atau toko-toko penjual kaos. Persiapkan ruang yang memadai di rumah sebagai workshop atau ruang pamer senyaman mungkin. Lengkapi dengan produk lain misalnya tas, topi, mug, dan stiker. Berapa modal untuk persiapannya? Sediakan dana awal sekitar 5 juta rupiah untuk stok produksi kaos dan aksesorinya, juga perlengkapan outlet seperti rak dan gantungan kaos.

2. Bisnis Manis dan Gurih

Bisnis makanan sangat menjamur dimana-mana. Seiring pesatnya kompetisi kuliner maka produk makanan ala ‘dapur mama’ sebaiknya punya keunikan tersendiri, dan juga citarasa yang nikmat. Contohnya adalah bisnis rumahan membuat kue manis dan camilan serba gurih.

Memang banyak sekali keuntungan dibalik hobi masak sehingga datang banyak ide dan peluang bisnis rumahan modal kecil. Bisnis olahan kue manis tidak surut peminatnya. Begitu pun aneka camilan gurih terutama yang terinspirasi dari masakan Italia.

Tips Membuka Bisnis Manis-Gurih

  • Fokuskan 5 Varian


Untuk pemula fokuskan ide pada tiga sampai lima variasi sajian manis dan gurih. Misalkan cake dan bolue untuk jenis kue manis, bersama pendampingnya berupa camilan gurih berbahan keju. Antara lain lasagna, potato wedges, dan makaroni schotel. Teruslah berlatih membuat varian lezat sampai mendapat citarasa yang paling pas dengan selera kebanyakan orang.

  • Cara Pemasaran

Beberapa kali ujicoba mungkin telah sukses menarik selera keluarga atau teman-teman. Selanjutnya tinggal menata ide dan peluang bisnis rumahan dengan modal kecil untuk variasi manis dan gurih. Jika rumah berada di lokasi strategis mulailah membuka display pada sore atau malam hari di halaman rumah. Jika situasi rumah kurang memadai, bisnis kulineria ini tetap bisa berjalan lewat jaringan pertemanan di facebook dan instagram.

  • Modal Kecil, Untung Berlipat

Yang pasti pelaku usaha takkan menghabiskan biaya modal hingga jutaan rupiah. Sedangkan omzet pesanan bisa berlipat ganda apabila ide dan peluang bisnis rumahan modal kecil sudah direncanakan senikmat mungkin. Jadi, manfaatkan hoby dan kreatifitas Anda dalam memasak agar pendapatan dari usaha rumah bisa terus bertambah.

3. Usaha Mie Ayam Organik

Semakin banyak penggemar mie yang menginginkan olahan mie sehat bebas pengawet. Jadikan kebutuhan ini sebagai ide dan peluang bisnis rumahan modal kecil. Ya, produksi mie organik sangat menjanjikan. Tentu dengan memanfaatkan dapur sebagai tempat olahan mie, serta bagian garasi atau halaman sebagai tempat berjualan.

Saat ini sudah banyak penyedia mie kering organik dari bahan sayur bit, bayam, wortel, dan sebagainya. Jadi tak perlu membuat sendiri apabila belum mempelajari dan menguasai tekniknya. Cukup membuka usaha mie ayam organik dengan citarasa bumbu kreasi sendiri. Lantas setelah berkembang Anda dapat membuka layanan pesan-antar dari rumah ke rumah.

Untuk perhitungan modal awal dapat dimulai dengan persiapan minimal antara 5 sampai 7 juta rupiah.Prediksi investasi awal untuk menyediakan stok mie organik aneka jenis (ekstrak bit, bayam, wortel), serta berbagai bumbu dan bahan tambahan, sekitar Rp. 2.000.000. Selebihnya adalah perlengkapan pendukung olahan mie ayam yang Anda butuhkan.


4. Jasa Pengetikan Dari Rumah

Biasanya rental pengetikan dibuka dekat lokasi kampus atau sekolah yang strategis. Tapi cocok juga dijadikan usaha sampingan dari rumah. Sebarkan informasinya melalui media sosial atau brosur kepada mahasiswa dan pelajar. Tetapkan tarif awal yang terjangkau antara Rp. 700, s/d Rp. 2000 per lembarnya. Jika hasil pengetikan bagus maka pelanggan bisa terus berdatangan.

Tips Modal Jasa Pengetikan

Modal pokok untuk jasa ini banyak digunakan untuk sarana komputer, printer, dan juga alat scanner. Modal awal antara 5-7 juta bisa ditekan apabila perlengkapan elektronik tersebut sudah dilengkapi. Jika merasa kewalahan menerima banyak pesanan, sebaiknya mengajak satu atau dua orang teman untuk membantu. Order pengetikan juga bisa dikerjakan dari rumah masing-masing, sesuai batas waktu yang diinginkan oleh konsumen.

5. Bisnis Pulsa Elektrik

Inilah bisnis rumahan yang paling mudah dilakukan dan tentu saja jadi kebutuhan banyak orang. Anda bisa menjalankan bisnis ini dari rumah tanpa perlu banyak tenaga. Hanya bermodalkan telepon genggan saja, Anda sudah dapat memulai bisnis pulsa elektrik yang menjanjikan.

Meskipun sederhana tapi ketahui juga strategi dibalik ide dan peluang bisnis rumahan pulsa elektrik. Untuk memulainya tentu perlu ada kerjasama dengan agen atau dealer pulsa dengan modal awal Rp. 100.000 saja. Setelah paham betul dengan sistem penjualan pulsa, coba tawarkan kepada keluarga atau teman-teman, terutama yang sedang aktif di media sosial.

Itulah berbagai ide dan peluang bisnis rumahan modal kecil. Yang pasti semua bisnis tersebut akan berjalan lancar apabila kita cermat dalam mengelola perputaran modal dan profitmya. Selamat berbisnis!