IDE BISNIS SAMPINGAN MODAL KECIL

Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil


Memiliki waktu luang di sela-sela kesibukan yang sedang dilakukan, baik sebagai ibu rumah tangga, karyawan kantor, maupun mahasiswa, merupakan kesempatan emas yang dapat Anda gunakan untuk memulai suatu bisnis sampingan.

Memulai suatu usaha tidak harus dilakukan dengan modal yang besar. Anda hanya perlu memulai dengan mencari berbagai macam ide bisnis sampingan modal kecil yang dapat berkembang dengan cepat. Lalu, apa saja bisnis sampingan modal kecil tersebut?

Berikut akan kami bagikan beberapa ide bisnis sampingan dengan keuntungan yang menjanjikan :

Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil Terbaik

  1. Menjual Makanan

    Ide kreatif menjual makanan adalah peluang bisnis sampingan yang bisa Anda pilih. Untuk memulai penjualan makanan, Anda hanya memerlukan modal kecil sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari bisnis sampingan dengan modal minim.

    Menjual makanan tidak harus dilakukan dengan membuka sebuah toko ataupun rumah makan mewah. Dengan cara yang kreatif, bisnis menjual makanan kini merupakan bagian dari bisnis sampingan online. Mempromosikan via Internet terbukti dapat melancarkan ide bisnis sampingan modal kecil ini.

    Selain itu, menjual makanan juga termasuk dalam bisnis sampingan karyawan serta bisnis sampingan mahasiswa. Menjajakan aneka makanan berat atau snack kepada teman kantor ataupun temah di perkuliahan merupakan cara mudah dalam melakukan pemasaran.

  2. Berjualan Pulsa

    Ide bisnis sampingan modal kecil ini sudah cukup populer di telinga kita. Memulai usaha dengan berjualan pulsa merupakan peluang usaha yang selalu diincar oleh mereka yang tidak mempunyai modal besar.

    Bisnis berjualan pulsa sangat cocok digunakan oleh Anda yang sedang mencari bisnis sampingan modal kecil. Selain itu, penjualan pulsa juga dapat digunakan bagi Anda yang ingin memulai bisnis sampingan di rumah, di kantor, maupun di area kampus dan sekolah.

    Memulai usaha bisnis pulsa bisa Anda lakukan dengan mencari agen pulsa yang menawarkan harga murah, sehingga Anda pun bisa menetapkan harga yang tidak terlalu tinggi.

    Dengan menetapkan harga yang lebih murah dari lapak milik orang lain, maka Anda bisa melakukan pemasaran dan penjualan dengan cara lebih mudah.

  3. Berjualan Online

    Pada tahun 2016, bisnis sampingan online tampaknya mulai banyak diminati oleh para pecinta usaha. Bisnis online bisa dalam bentuk bermacam-macam, seperti berjualan pulsa online, menjual berbagai keperluan fashion pria maupun wanita, serta menjual makanan.

    Memulai usaha online bisa Anda lakukan dengan dua cara. Pertama, Anda bisa berperan sebagai penjual tangan pertama yang menjajakan barang hasil produksi Anda sendiri. Dalam hal ini seperti pakaian, tas, sepatu, jilbab, dan sebagainya.

    Namun, bagi Anda yang ingin menerapkan ide bisnis sampingan modal kecil, sebaiknya Anda memilih cara yang kedua yaitu sebagai pihak yang menjualkan produk milik orang lain atau sering disebut dengan Dropshiper.

    Dropshiper merupakan cara bisnis online yang dilakukan hanya dengan melakukan promosi. Ketika ada customer yang tertarik, maka barang pesanan tersebut akan langsung dikirimkan oleh pihak produsen menuju alamat pembeli, dengan mencantumkan nama Anda sebagai penjual.

    Jadi, selain tanpa modal, Anda juga tidak perlu menghabiskan waktu dalam melakukan packing barang serta pengiriman barang.

    Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah paham dengan berbagai ide bisnis sampingan modal kecil yang dapat dilakukan secara online? Bisnis online memang menjadi trend di tahun 2016 karena prospeknya yang cukup menjanjikan.

  4. Jasa Les Private

    Anda sedang mencari bisnis sampingan gratis? Jawaban tepat yang bisa Anda pilih adalah dengan menawarkan jasa les private. Bagi Anda yang merasa memiliki kemampuan lebih serta menguasai mata pelajaran anak sekolah, maka Anda bisa segera memulai bisnis sampingan tanpa modal yang satu ini.

    Bisnis les private juga termasuk dalam jenis bisnis sampingan mahasiswa yang berguna untuk mencari tambahan penghasilan di antara jeda waktu kuliah.


  1. Menjadi Penulis Lepas

    Jenis bisnis usaha sampingan pertama yang dapat kami sarankan adalah menjadi seorang penulis lepas. Penulis tepat merupakan pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari-cari bisnis sampingan mahasiswa.

    Di sela-sela waktu perkuliahan, sebagian besar mahasiswa selalu mencari kesibukan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Bagi Anda yang masih duduk di bangku perkuliahan serta mencari ide bisnis sampingan tanpa modal, maka memilih pekerjaan sebagai penulis lepas merupakan pilihan tepat bagi Anda.

    Anda bisa mencari lowongan pekerjaan freelance di berbagai situs Internet ataupun dengan menawarkan diri melalui website. Memulai usaha bisnis sampingan sebagai penulis lepas tidak akan memakan banyak waktu. Sehingga Anda tetap bisa mengatur jadwal perkuliahan dengan mudah.

    Selain itu, salah satu ide bisnis sampingan modal kecil ini juga sangat cocok bagi Anda yang bingung mencari peluang bisnis sampingan di rumah. Jadi, selain mahasiswa, pekerjaan sebagai penulis lepas juga bisa digunakan bagi Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

  2. Menjahit Pakaian

    Usaha menjahit pakaian merupakan salah satu ide bisnis sampingan modal kecil yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Memiliki keterampilan lebih dalam menjahit bahkan mendesain baju, maka jasa tersebut akan sangat bernilai guna jika Anda promosikan.


    Modal yang dibutuhkan juga relatif kecil karena Anda hanya perlu menyediakan mesin jahit dan semua perangkatnya serta ide-ide kreatif untuk membuat sebuah pakaian. Selain melakukan secara offline, Anda juga bisa membuat pakaian-pakaian cantik diperjualbelikan melalui dunia maya.

Demikian cuplikan tentang ide bisnis sampingan modal kecil yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.