Melirik Cerahnya Prospek Bisnis Tiket Pesawat Online

Melirik Cerahnya Prospek Bisnis Tiket Pesawat Online

Saat ini bisnis tiket pesawat online semakin berpeluang menjanjikan. Apalagi bisnis dapat berjalan dengan support internet marketing yang kredibel. Berkat teknologi
maksimal maka penyedia jasa tiketing online dapat menjawab kebutuhan umum bagi perjalanan lintas udara.

Menariknya, siapapun bisa menjalankan bisnis ini dari rumah saja. Jadi, tidak mesti harus menyewa tempat dan mengurus izin usaha. Yang penting tersambung dengan saluran listrik, jaringan internet, seperangkat komputer atau laptop, printer, serta ponsel android.

Mengapa Ingin Bisnis Tiket Pesawat?

Sarana jasa penerbangan domestik hingga mancanegara akan selalu diperlukan sepanjang waktu. Perjalanan lintas pulau dan antar negara adalah desakan tersendiri bagi kebutuhan terbang. Terutama diandalan saat musim liburan, ataupun dalam berbagai situasi penting.

Karena itu maskapai penerbangan tak pernah menyurut jumlah penumpangnya, meskipun harga tiket perjalanan udara sering melonjak cukup tinggi. Sehingga, prospek bisnis tiket pesawat online sangat cerah dengan fleksibelnya target pelanggan.

Di sisi lain mode bisnis ini juga cukup bergengsi, terutama jika banyaknya pelanggan dari kalangan menengah ke atas. Jika sedang ramai, maka proyeksi omzet yang diraih bisa mencapai Rp. 10 juta per hari! Tertarik, ketahui dulu bagaimana cara memulai bisnis tiket pesawat online secara menguntungkan.

Join Waralaba Tour n Travel

Cara praktis menjalankan bisnis tiket pesawat online adalah menerima sistem kemitraan atau waralaba. Lewat kerjasama dengan agen perjalanan, mitra akan menjadi sub-agen. Posisi sub agen tiketing hanya perlu melayani permintaan tiket secara online, melalui sambungan internet. Namun sebelum memulai, biasanya agen tiket pesawat tersebut akan memberi panduan atau tutorial pelatihan. Dengan begitu sub-agen memahami sistem operasional dari bisnis tiket pesawat online.

Sistem Kerja Sub-Agen

Tiket pesawat murah yang diperoleh dari agen akan bisa dijual kembali dengan harga promo. Menguntungkan bagi konsumen. Selain harga tiketnya lebih terjangkau, prosedur transaksi terbilang lebih praktis dari situs penjualan maskapai.

Dalam situs yang dapat Anda kelola, calon pembeli dapat menerima berbagai informasi tentang reservasi online. Mulai dari cek jadwal dan biaya penerbangan, booking seat yang tersedia, sampai dengan prosedur cetak tiket melalui email.

Sub-agen juga bisa langsung mereservasi tiket pesawat kepada agennya. Pembeli tinggal memesan tiket melalui beberapa jalur antara lain Yahoo Messenger, telepon, BBM dan SMS. Kemudian, transaksi pembayaran bisa dilakukan melalui sistem transfer antar bank. Bila sudah mentrasfer uangm tiket segera dikirim melalui e-mail. Pembeli tinggal mencetak lembar konfirmasi untuk proses check-in di bandara.

Contoh Waralaba dan Permodalan

Salah satu waralaba tour travel di Jakarta adalah Zeus Travel Networks. Agen perjalanan ini sudah memiliki puluhan cabang di Jabodatabek dan kota-kota lainnya. Ada empat paket yang bisa dipilih oleh calon mitra.

Pertama, paket basic dengan investasi Rp 2,5 juta untuk komisi 4%-5%. Lalu, paket silver dengan investasi Rp. 5 juta untuk komisi 7%, serta paket gold senilai Rp. 25 juta untuk komisi 9% dari harga tiket.

Sementara paket termahal adalah platinum senilai Rp. 120 juta. Kelebihan paket ini, mitra bisa menjadi master franchise dan memiliki sub agen, komisinya mencapai 12 %. Tertarik? Info lengkapnya dapat dibuka melalui laman zeus.travel.com.

Manfaatkan Peluang dan Tantangan

Permodalan bisnis tiket pesawat online memang berkisar pada jumlah minimalnya antara 15 sampai 20 juta rupiah. Modal kelas menengah ini punya tantangan tersendiri, namun tak menutup kemungkinan untuk dikembalikan secara berlipat, melalui omzet bisnis tiket pesawat online. Salah satunya dengan memanfaatkan peluang, dimana tiket penerbangan paling ramai diburu konsumen, yaitu pada saat musim liburan panjang.

Tantangan yang harus dihadapi adalah semakin banyaknya kompetitor dalam bisnis tiket pesawat online. Seiring melonjaknya iklim pariwisata serta kebutuhan traveling jarak jauh. Laman tiketing makin menjamur dengan berbagai penawaran praktis dan menarik. Sistem internet marketing jadi andalan bagi lancarnya bisnis tiket pesawat online.

Banyak solusi mengantisipasi tantangan. Antara lain memanfaatkan media sosial, seperti facebook dan instagram, serta website pribadi dengan tampilan semenarik mungkin. Ini merupakan cara pendekatan praktis kepada para calon konsumen, sehingga bukan mustahil memperoleh income bulanan yang nominalnya cukup tinggi.

Selain itu coba bergabung dengan group penggemar traveling untuk memasarkan bisnis secara bersahabat. Semakin banyak teman traveler, makin mudah mendapatkan konsumen. Karena itulah maka para agen pemula harus sangat giat menjalin relasi dengan tour n travel maupun situs maskapai penerbangan. Serta persiapkan jaringan komunikasi seluler agar bisa kapan saja terhubung dengan relasi bisnis tiket pesawat online.

Bisnis Tiket Pesawat Mandiri

Tidak ingin jadi mitra waralaba? Anda bisa menjajaki pilihan bisnis mandiri. Sebelum itu, apabila bermaksud membuat usaha tiket pesawat non-online, jangan lupa mengantongi izin Perseroan Terbatas (PT) dan mempunyai sertifikat keanggotaan ASITA (Asosiasi Pariwisata Indonesia). Setelahnya Anda pun bisa menjual tiket pesawat fisik dan non-fisik dari seluruh maskapai penerbangan.

Akan tetapi, izin mendirikan travel secara permanen tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Selain bangunan fisik, modal dikeluarkan untuk aset usaha pokok seperti koneksi internet, komputer dan juga printer. Akan tetapi jalankan saja apabila telah dipersiapkan dengan konsep yang matang. Misalnya jalin kerjasama dengan teman serta merekrut beberapa karyawan.

Prinsip yang terpenting, dalam bisnis waralaba maupun usaha mandiri, adalah membangun kepercayaan konsumen. Meskipun terkadang pengusaha juga harus siap dengan resiko pembatalan tiket tanpa transaksi pembayaran. Tetapi seperti itulah dinamika dalam bisnis, dimana tersebar banyak peluang omzet menggiurkan, sekaligus aneka tantangan yang menghadang. Siap memanfaatkan prospek bisnis tiket pesawat online? Selamat berusaha!