BISNIS RUMAHAN YANG MENJANJIKAN DAN MENGUNTUNGKAN

Flanel Kreatif, Peluang Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan


Peluang bisnis rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan datang dari usaha kerajinan flanel cantik. Kain aneka warna yang sempat dinilai kurang bermanfaat itu, ternyata merupakan sumber profit nan menggiurkan. Kini, semakin banyak wirausaha yang menggeluti bisnis jahit-menjahit kreasi flanel. Jadi, tidak sebatas untuk sambilan bagi ibu rumah tangga.

Siapa saja punya kesempatan berbisnis di sela-sela waktu luang, termasuk para pekerja kantor. Usaha keterampilan tangan memang paling fleksibel sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan. Bahkan, kalangan pelajar dan mahasiswa juga bisa menekuninya, paling tidak untuk menambah uang jajan sehari-hari.


Aneka Tips Berkreasi Dengan Kain Flanel!

Memang,
berkreasi dengan potongan flanel agaknya sangat menarik bagi yang menyukai bidang jahit-menjahit. Ketekunan dan kecematan adalah kuncinya. Banyak konsumen yang dapat terjaring dari bisnis rumahan ini tanpa batasan usia. Sebab, berbagai bentuk barang bermanfaat dapat dihasilkan melalui kreasi flanel kreatif. Lalu, seperti apa peluang usahanya, simak dalam ulasan berikut ini.

1. Memulai Usaha Flanel Kreatif


Tidak perlu repot menyiapkan berbagai macam perlengkapan untuk menekuni usaha ini dari rumah. Anda bisa memulai dengan alat dan bahan sederhana, seperti mesin jahit kecil, kain flanel, dakron, benang, jarum, dan beberapa hiasan lucu.

Selanjutnya Anda harus sangat jeli dalam merancang bentuk serta menjahit sesuai pola yang digambarkan. Makin unik dan lucu kreasinya, makin banyak pelanggan menyukai bisnis rumahan tersebut. Karena itu, proses melakukan riset sangat penting dalam bisnis kerajinan, di samping keterampilan.

Inspirasi akan semakin banyak diperoleh melalui sumber buku maupun tutorial online. Tak ada salahnya pula mengambil inspirasi dari pebisnis flanel yang lain. Dari pengamatan terhadap produk kompetitor, Anda bisa memunculkan ide baru serta model jahitan yang lebih bagus lagi.

2. Aneka Kreasi Flanel Kreatif

Saat ini semakin banyak pengrajin flanel aneka bentuk unik antara lain seperti bunga, hewan lucu, dan juga tokoh kartun. Selain digunakan sendiri, jahitan bagus dan rapi akan disukai sebagai suvenir multifungsi bagi orang terdekat. Contohnya saja frame foto, pajangan dinding, kotak pensil, boneka flanel, pembungkus hp, bros bunga, tas tangan, aksesoris hijab, dan sebagainya. Warna-warna yang tampil cerah dan ceria memberi kesan tersendiri bagi pemakainya.


3. Permodalan dan Omzet

Modal awalnya hanya sekitar Rp. 250.000 saja untuk membeli kain flanel aneka warna beserta perlengkapan lain. Dengan kain flanel berukuran 30 meter bisa dihasilkan kurang lebih 20 boneka angry bird atau hello kity jahitan tangan. Dalam ukuran sedang harga jualnya minimal Rp. 15.000. Sementara produk berukuran kecil seperti gantungan kunci dihargai minimal Rp. 2.000 per unit.

Tentu saja harga ini akan berlipat sesuai tingkat kerumitan pola serta penjahitan flanel. Semakin menarik dan rumit bentuknya, maka harga jualnya bisa jauh lebih mahal. Karena itu, sentuhan tangan kreatif para wirausaha sanggup menghasilkan aneka produk dengan omzet berlipat, antara 15 juta hingga 25 juta per bulan!


4. Peluang Usaha Boneka Flanel



Sebagai pemula dalam bisnis ini, tentukan salah satu produk yang paling berhasil ditekuni. Jangan takut kehabisan ide. Banyak referensi yang mungkin diperoleh dari buku maupun tutorial online. Karya kreatif dengan hasil cantik akan layak dipasarkan. Tapi jangan lupa jika kerapian jahitan paling menentukan minat konsumen pada produk flanel yang ditawarkan.

Contohnya, kreasi boneka flanel sebagai produk bisnis rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan. Tidak hanya ladang usaha potensial saja. Tetapi juga hasil kreatifnya akan memuaskan si pembuat boneka maupun para konsumen. Jika berkualitas, maka beberapa boneka karakter akan dipesan sesuai tren dan kepentingan yang khusus.

Salah satunya saja produksi boneka karakter bertema wisuda. Dengan kelincahan tangan maka kain flanel warna gelap dapat dijadikan boneka berpakaian toga. Pemesannya tidak tanggung-tanggung, selain dari pesanan pribadi bahkan juga sanggup menarik konsumen dari pihak universitas. Namun tentunya kualitas bentuk dan pola jahitan harus benar-benar terjamin kecermatannya.


5. Tips Membuat Produk Flanel

Mari mencoba kreasi tempat pensil sederhana. Pertama, siapkan 2 potongan kain flanel berwarna apa saja, dengan ukuran masing-masing 9×6 cm dan 15 x 6. Potong ujung kain 15 x 6 menjadi setengah lingkaran. Kemudian, siapkan juga 2 kain flanel (9×6 cm dan 15 x 6) untuk lapisan dalam. Potong ujung kain 15 x 6 menjadi setengah lingkaran.

Siapkan kancing, jarum jahit, benang jahit, gunting, spidol hitam. Untuk membuat bentuk anjing, dibutuhkan kain flanel berwarna cokelat muda, serta manik-manik untuk penghias. Sedangkan untuk membuat bentuk kelinci, ambil kain flanel warna putih, pink, dan cokelat muda. Tambahkan juga ornamen lain seperti wortel

  • Cara Berkreasi :

    1. Buat ornamen kecil yaitu anjing atau kelinci. Potong kain flanel cokelat muda untuk dibentuk menjadi anjing, dan flanel putih untuk bentuk kelinci. Gunakan spidol hitam untuk membuat mata, telinga, dan hidung moncong anjing. Untuk kelinci, gunakan spidol hitam untuk membuat mata dengan ornamen di bagian paling depan.

    2. Setelah selesai membuat ornamen, satukan bagian depan dengan inner putih begitu juga bagian belakang. Satukan semua bagian dengan jarum jahit

    3. Jahit tepi-tepi kain dengan rapi. Pasanglah kancing pada bagian atas kain utama bagian depan. Lalu, ukurlah sesuai lebar dan besar lubang kancing pada bagian atas ujung kain penutup. Selesai, mudah bukan!


Bisnis flanel kreatif memang sangat bermanfaat untuk bisnis rumahan. Pemasarannya sangat mudah. Selain promosi antar teman, tentunya Anda bisa mengandalkan akun media sosial, seperti facebook dan instagram. Dan pastinya bisa berhemat lebih banyak tanpa harus menyewa tempat usaha. Kemudahan inilah yang biasanya dicari oleh pelaku bisnis rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan. Gimana, tertarik menjajal kreasi aneka flanel cantik? Selamat mencoba!