7 BISNIS RUMAHAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA

7 Inspirasi Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Ada beragam peluang bisnis rumahan ibu rumah tangga. Sejumlah usaha yang menjanjikan tidak selalu butuh kucuran modal besar. Terutama untuk ibu rumah tangga. Cobalah peluang yang sesuai dengan jiwa dan semangat wirausaha kreatif.

Penghasilan tambahan dari usaha sampingan keluarga ibaratnya penawar kebimbangan hati. Bisnis rumahan Ibu rumah tangga bisa mengatasi kebutuhan ekonomi tanpa mengurangi sebagian besar waktu bersama keluarga.

Itulah alasan pertama untuk menjalankan bisnis dari rumah saja. Jadi mulailah merencanakan pilihan yang menurut Anda paling potensial, dan sesuai kemampuan pribadi. Nah, untuk contohnya simak tujuh inspirasi berikut ini.


7 Inspirasi Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Bekerja tidak harus identik dengan aktivitas kantor yang sejenak harus mengabaikan urusan rumah. Maka khusus bagi ibu rumah tangga, pilihlah jenis usaha sampingan yang dirasa tepat guna memperoleh income harian dari usaha tersebut.

1. Bisnis Kuliner Rumahan

Sebagian besar wanita terutama kaum Ibu, memiliki hobi memasak dan membuat kue. Peluang bisnis rumahan Ibu Rumah Tangga ini akan cukup menyenangkan untuk ditekuni. Meskipun akan ditemui banyak kompetitor, mengingat bisnis makanan merupakan industri terluas dimana saja kita berada.


  • Menguji Target Pasar

Dalam menyiapkan bisnis kuliner apapun banyak ide yang menarik. Baik membuat kue, katering, atau juga makanan harian. Karena itu hobi memasak harus terlatih terus-menerus. Sebagai uji coba, mulailah dari orang-orang terdekat. Sajikan kreasi makanan tersebut untuk mendapat sejumlah pendapat positif untuk evaluasi pribadi sekaligus menarik kepercayaan dari target konsumen.

  • Perhitungan Modal Awal

Untuk menjalankan bisnis makanan ala homemade minimal modal awalnya sekitar 1,5 juta rupiah. Perhitungan pokoknya sudah mencakup persiapan alat masak, suplai berbagai bahan baku, gaji seorang asisten memasak, termasuk cadangan biaya untuk pengeluaran tak terduga.

Supaya modal awal bisa kembali dengan omzet berlipat, maka selera konsumen harus terpuaskan. Sajikan aneka menu yang sehat dan bersih dengan pelayanan hangat. Selain memfungsikan dapur, Anda bisa menyulap halaman, garasi, atau ruang tamu untuk menerima konsumen. Setelah siap meluncurkan produk bisnis rumahan ibu rumah tangga, usaha pemasaran bisa meningkat dengan promo di media sosial.

2. Bisnis Kerajinan Tangan


Peluang
industri kreatif sangat mumpuni bagi ibu rumah tangga. Apalagi karena telah terbiasa bekerja dengan cermat dan terampil. Misalnya hobi membuat aksesoris wanita, tas daur ulang, bingkai foto unik, boneka cantik dari kain perca, dan sebagainya. Sudah banyak pebisnis rumahan yang sukses menggali gagasan sederhana dengan bahan-bahan murah, namun hasilnya mengesankan.

Inspirasi Bisnis Kreatif

Salah satu prospek kreatif yang sudah mendulang sukses adalah boneka homemade lovely dolls. Pemiliknya yaitu Vina K Satihardja hanya bermodalkan Rp 700 ribu untuk membuat 22 boneka perca buatan tangan. Setelah dijual dalam bazar sekolah anak-anak lantas berlanjut dengan pesanan rutin.

Boneka dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp 65 ribu sampai 500 ribu, bahkan kini omzet Lovely Dolls sudah mencapai ratusan juta per bulan. Wow, prospek bisnis rumahan ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan!


3. Membuka Kursus Anak SD

Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga ini adalah membuka tempat les privat di rumah. Khususnya bagi anak-anak SD. Modalnya tidak banyak, dan peluang waktunya juga fleksibel di sore hari. Hanya perlu menyiapkan ruang yang bersih dan nyaman, beberapa alat tulis, dan papan tulis berukuran kecil.

Selebihnya mengasah modal intelektual, misalnya kemampuan berbahasa inggris, matematika, atau bidang lainnya. Mulailah dari anak-anak di dekat rumah saja. Kenakan tarif ringan bagi orangtuanya antara 70 sampai 120 ribu untuk dua jam pelajaran selama satu minggu.

4. Usaha Jahit Rumahan

Banyak Ibu Rumah Tangga mempunyai bakat menjahit maupun juga merancang pakaian. Amat sayang jika tak dimanfaatkan sebagai usaha sampingan dalam bisnis rumahan ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan. Selain perlengkapan menjahit modalnya didukung keterampilan untuk merancang model pakaian. Mengikuti tren mode yang sesuai dengan minat fashion para konsumen.

Sebagai fokus usaha tidak harus menjahit dan merancang pakaian orang dewasa. Mengingat penjual pakaian sudah menjamur dimana-mana. Karena itu akan lebih baik membuat model baju anak-anak, selain pemasarannya juga lebih mudah, terutama bagi sesama ibu rumah tangga.

5. Bisnis Tanaman Rumah

Budidaya tanaman di pekarangan rumah mendatangkan income yang tidak sedikit jumlahnya. Tidak hanya geliat bisnis menjanjikan dari tanaman hias saja. Sayuran organik, maupun juga tanaman herbal, akan laris jika dipasarkan daun dan bunganya, maupun juga olahan jadinya. Maka untuk memulai bisnis tanaman ini tentunya perlu pemahaman mumpuni tentang media tanam berkualitas di pekarangan rumah.


6. Bisnis Online

Bisnis online, merupakan bisnis rumahan ibu rumah tangga yang paling fleksibel untuk dilakukan kapan saja. Apalagi saat ini kita hanya memerlukan koneksi internet melalui komputer maupun smartphone android. Berbagai bisnis online bisa dikerjakan dari rumah antara lain Google Adsense, Dropship, Afiliate Marketing, Toko Online, Blogging, dan masih banyak lagi.

Penghasilan bisnis online sangat menjanjikan, bahkan jika ditekuni akan menghasilkan omzet ratusan juta rupiah per bulan. Banyak pelaku bisnis online sukses dengan peluang usaha rumahan ini.

Bukan hanya bisa ditekuni kalangan muda saja tetapi juga para ibu segala usia. Hanya memang diperlukan usaha keras untuk mempelajari setiap celah keuntungannya. Termasuk ide membuat toko online dengan produk-produk menariknya.

7. Penulis Lepas

Belum jauh dari bisnis online. Masih ada bisnis rumahan ibu rumah tangga sebagai penulis lepas yang paruh waktu. Sejumlah media online milik perusahaan tertentu biasanya memerlukan konten berkualitas untuk mengisi website maupun blognya. Biasanya melalui jasa penulis artikel. Tentu saja bayaran menggiurkan menanti para penulis.

Sementara itu supaya bisa mendapatkan uang dari artikel pribadi, google adsense harus tertarik pada topik yang kita suguhkan. Karenanya, intensitas menulis konten artikel berkualitas dapat menarik sejumlah pembaca ke blog atau web pribadi kita. Penghasilan dari iklan itulah sumber pendapatan bagi bisnis rumahan ibu rumah tangga.


Demikian insipirasi bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menjanjikan sebagai prospek usaha sampingan. Dan tentunya akan menghasilkan omzet finansial menggiurkan jika ditekuni secara sungguh-sungguh demi keluarga tercinta.