Bisnis Properti, Waralaba, Makanan, MLM, Franchise. Pilih yang Mana?

Bisnis Properti, Waralaba, Makanan, MLM, Franchise. Pilih yang Mana?

Pada tahun 2016, tak jarang masyarakat di Indonesia yang mulai tertarik untuk menjalankan sebuah bisnis. Tujuannya tak lain adalah ingin meraih kesukesan dengan cara yang mudah, tanpa adanya ikatan dari perusahaan seperti halnya para pegawai kantoran.


Namun, sebelum menjalankan bisnis, Anda harus mengetahui jenis bisnis apa yang menjanjikan sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Menurut informasi yang berhasil kami kumpulkan, beberapa bisnis yang menjanjikan di tahun 2016 adalah bisnis properti, waralaba, makanan, MLM, dan franchise.

Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis-bisns tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Bisnis Makanan

    Menjalankan bisnis makanan tidak harus membutuhkan modal besar. Saat ini banyak para pengusaha yang melakukan bisnis makanan dengan membuka lapak kecil di trotoar jalan. Berikut ini adalah beberapa tips menjalankan bisnis makanan :

  • Menentukan Makanan Apa yang Akan Dijual

    Pada dasarnya, melakukan bisnis makanan harus Anda pikirkan matang-matang mengenai jenis, rasa, dan keunikan dari makanan tersebut, yang dapat menarik banyak konsumen untuk membelinya.

  • Pilih Lokasi yang Strategis

    Memasarkan bisnis makanan akan sangat mudah jika Anda melakukan pada lokasi yang strategis. Bisnis makanan ini akan lebih cocok jika dijalankan di sekitar area sekolah, kampus, dan tempat wisata.

  • Pemasaran Online

    Selain membuka lapak di berbagai lokasi, Anda juga bisa menjalankan bisnis makanan dengan biaya yang lebih murah karena hanya perlu melakukan pemasaran via online.

    Buatlah kata-kata iklan yang menarik dengan gambar terbaik sehingga para pengguna Internet akan tertarik dengan makanan yang Anda jajakan. Tidak hanya website dan blog, saat ini bisnis makanan juga bisa dipasarkan melalui sosial media seperti Instagram, BBM, Facebook, dan sebagainya.

  1. Bisnis Properti

    Bisnis properti seringkali dianggap sebagai jenis bisnis yang membutuhkan banyak modal. Namun, pada kenyataannya bisnis properti tidak harus dengan modal yaitu Anda hanya perlu menyarankan seorang investor bermodal besar untuk membangun bisnis properti pada lokasi yang Anda sarankan.

    Jadi, tidak semua bisnis properti harus dijalani dengan modal super besar. Berikut adalah tips menjalankan bisnis properti :

  • Melakukan Pemasaran di Internet

    Pemasaran online saat ini memang sedang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Cara mudah memasarkan bisnis properti via online adalah dengan menggunakan blog atau website. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial Facebook, Twitter, BBM, dan sebagainya.

  • Memilih Bisnis Properti Rumah atau Tanah

    Penjualan tanah dan rumah merupakan bisnis properti dengan prospek yang sangat menjanjikan. Apalagi tanah yang semakin lama akan mengalami peningkatan harga jual.

    Anda hanya perlu mencari seorang pemilik modal besar yang mau diajak menjalankan bisnis properti bersama dengan membangun beberapa rumah di lokasi tertentu. Selanjutnya Anda tinggal memasarkan kepada calon investor yang membutuhkan properti tersebut.


  1. Bisnis Waralaba atau Bisnis Franchise

    Pada dasarnya, bisnis waralaba atau bisnis frachise memiliki makna yang sama. Jadi, bisnis franchise merupakan istilah asing dari bisnis waralaba. Bisnis franchise merupakan suatu bisnis yang menjalin suatu mitra kerja antara seorang yang memiliki usaha (franchisor) dengan orang yang menjadi investor (franchisee).

    Jadi, secara sederhana, bisnis waralaba dijalankan oleh seorang pemilik modal yang memasarkan barang atau merk dagang milik seorang pengusaha. Biasanya pemilihan jenis atau merk dagang tersebut merupakan produk yang sudah booming dan populer di telinga masyarakat.

    Jadi, keuntungan menjalankan bisnis franchise atau bisnis waralaba adalah Anda tidak perlu susah payah melakukan promosi ulang. Sebab, masyarakat sudah mengetahui kualitas produk yang Anda pasarkan. Sehingga yang diperlukan untuk menjalankan bisnis waralaba hanyalah modal dan lokasi pemasaran yang tepat.

    Beberapa contoh bisnis waralaba yang sering kita temui adalah Indomaret. Selain itu, bisnis franchise atau bisnis waralaba juga banyak kita jumpai di berbagai pusat perbelanjaan seperti minuman atau makanan ringan dengan merk yang populer.

    Jadi, bisnis franchise merupakan suatu bisnis untuk menjual produk milik satu orang dan dipasarkan oleh banyak orang dengan keuntungan sepenuhnya milik pemasar.


  2. Bisnis MLM

    MLM merupakan singkatan dari Multi Level Marketing, yang saat ini sedang booming dan sering disebut sebagai Network Marketing.

    Secara sistematis, bisnis MLM dijalankan dengan cara menjual produk dan dilanjutkan dengan mengajak seseorang bergabung. Semakin banyak orang bergabung (downline), maka keuntungan yang Anda dapat dari bisnis MLM semakin meningkat. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kami sampaikan untuk menjalankan bisnis MLM :

  • Selektif Memilih Bisnis MLM

    Apabila Anda ingin mencoba bisnis MLM, kami sarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan MLM yang akan dijalani. Pastikan bahwa tidak terdapat penipuan, testimoni yang sudah terbukti, serta lokasi perusahaan yang jelas.

  • Harus Bekerja Keras

    Bisnis MLM memang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan pun. Anda tidak perlu datang ke kantor setiap hari atau membuka lapak toko di pasar mulai pagi sampai sore hari.

    Namun, untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan, bisnis MLM harus dijalani dengan ketekunan dan bekerja keras. Seorang yang sukses dalam bisnis MLM mengatakan bahwa mereka rela mengorbankan banyak waktu setiap hari, baik untuk mempromosikan barang maupun melakukan prospek.

  • Didasari dengan Keyakinan

    Sebelum memulai bisnis MLM, tak ada salahnya Anda mengawali sebagai konsumen terlebih dahulu. Sebab, bisnis MLM harus dilandasi dengan keyakinan dan kepercayaan yang tinggi. Sehingga ketika memasarkan barang, Anda juga dapat lebih meyakinkan para klien Anda.

Mengetahui kualitas produk yang akan dipasarkan adalah cara paling mudah untuk membangkitkan keyakinan Anda. Jika perlu, lakukan beberapa survey dari semua jenis bisnis MLM. Dan pilihlah yang menurut Anda paling baik dengan prospek yang menjanjikan.