BERITA BISNIS INDONESIA

Bisnis Indonesia


Pada halaman situs ini, kami akan berbagi informasi seputar koran bisnis di Indonesia, atau yang lebih dikenal sebagai koran bisnis Indonesia. Mulai dari sejarah awal pendiriannya hingga model pemberitaan terbaru yang diterbitakan saat ini. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Bisnis Indonesia?

Yang dimaksud dengan bisnis Indonesia adalah sebuah surat kabar harian yang diterbitkan di DKI Jakarta, dengan segmentasi berupa pemberitaan ekonomi dan bisnis yang disusun menggunakan bahasa Indonesia.

Koran bisnis Indonesia tersebut diterbitkan oleh salah satu perusahaan yang menjadi kongsi bisnis dari empat pengusaha sukses, yaitu Sahid Group, Salim Group, Ciputra Group, dan Eric Samola.

Sejarah Berdirinya Bisnis Indonesia

Sejak tahun 1985, tepatnya tanggal 14 Desember, bisnis di Indonesia yang diterbitkan oleh PT. JAG, Jurnaliondo Aksara Grafika, ini telah berdiri di Jalan KH Mas Mansyur Kavling 12 A.

Pada awalnya, harian bisnis Indonesia yang dipimpin oleh Ahmad Dajahur, berada di Jalan Kramat, Senen – Jakarta, yang merupakan sebuah bangunan bekas reparasi mesin jahit.

Namun, sejak maraknya Industri perbankan sebagai kebijakan Paket Oktober atau Pakta, Bursa Efek Jakarta menjadi booming, tepatnya tahun 1987. Peristiwa tersebut juga mejadi salah satu alasan yang membuat koran bisnis Indonesia berhasil meroket dengan cepat.

Dengan kemajuan bisnis Indonesia yang terus berjalan seiring berjalannya waktu, media cetak harian tersebut dapat berpindah ke lokasi yang lebih baik yaitu di Wisma Bisnis Indonesia, tepatnya berada di Jalan Siswondo Parman Kav. 12 A, Palmerah – Jakarta.

Perpindahan lokasi yang terjadi pada akhir tahun 1990 tersebut membuat jalanan di sekitar lokasi kantor bisnis Indonesia
selalu mengalami kemacetan. Hingga akhirnya kantor bisnis Indonesia memutuskan untuk kembali ke Segitiga Emas Sudirman.

Dengan seorang pemimpin baru sejak tahun 2009 yaitu Arief Budisusilo, saat ini salah satu peluang bisnis di Indonesia tersebut berhasil membuka beberapa kantor perwakilan yang terletak di kota-kota besar di tanah air.

Kantor perwakilan dari bisnis Indonesia tersebut antara lain terletak di Bandung, Denpasar, Batam, Medan, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Makassar, Solo, dan Balikpapan.

Selain berperan sebagai penyedia berita bisnis Indonesia, surat kabar harian yang satu ini juga menjadi pemasok tetap di beberapa lembaga berita Internasional seperti Factiva, NewsNet Asia, Xinhua, ISI Emerging Markets, serta Bloomberg.

Sejarah Penerbitan Surat Kabar di Bisnis Indonesia

Sejak tujuh tahun didirikannya bisnis Indonesia, para pengelola berhasil membuat majalah bisnis Indonesia dengan bahasa Inggris, yang membahas seputar berita dalam bidang ekonomi yaitu tahun 1992.

Kemudian dilanjutkan dengan penerbitan kedua pada tahun 1997 yaitu berupa harian Solo Pos dengan pemberitaan umum. Kantor Solo Pos terletak di Jalan Adi Sucipto 190 yaitu di Griya Solo Pos.

Sejak tahun ke delapannya, salah satu terbitan bisnis Indonesia tersebut berhasil membentuk kelompok bisnis sendiri yaitu membawahi unit percetakan dari koran Radio Solo POS, PT Solo Grafika Utama, serta Tabloid yang bernama Olah Raga Arena.

Lalu, pada pertengahan tahun 2000, muncul kembali sebuah harian dengan bahasa Mandarin Indoneisa, melalui Aksara Warta Mandarin. Hingga dua tahun lamanya, salah satu terbitan yang dikeluarkan oleh bisnis Indonesia tersebut beralih ke bawah naungan Sjamsul Nursalim yang merupakan kelompok Gajah Tunggal.

Hingga sekitar 9 tahun kemudian, muncul kembali sebah koran haris di Jogja yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar DI Yogyakarta dalam hal pemberitaan. Tampilan dari salah satu keluaran bisnis Indonesia tersebut tampak berbeda, yaitu dalam hal corak serta format penulisan.

Warga Yogyakarta lebih sering menyebut koran harian bisnis Indonesia tersebut dengan nama Mbah Harjo, Pakde Harjo, Kang Harjo, dan masih banyak sebutan lainnya. Dengan waktu yang cukup singkat, para warga di sekitar Kota Pendidikan tersebut merasa sangat terbantu dengan berbagai informasi yang disajikan.

Hal tersebut juga sangat dipengaruhi oleh tampilan koran yang lebih modern dengan mengutamakan pemberitaan konteks. Sehingga tak salah jika koran dengan semboyan “Berbudaya, Membangun Kemandirian” tersebut disambut dengan lapang dada oleh para warga Jogja.

Sebenarnya, perubahan tampilan dari bisnis Indonesia sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2002. Yaitu perbanyakan jumlah halaman menjadi tiga sesi atau bagian. Pada sesi pertama dari bisnis Indonesia, membahas tentang pemberitaan seputar jasa, perdagangan, masalah ekonomi makro, serta bisnis menengah dengan modal kecil.

Lalu, untuk sesi kedua, menyampaikan informasi seputar bisnis keuangan, pergerakan pasar modal, serta perdagangan komoditas. Dan bagian akhir dari bisnis Indonesia tersebut membahas tentang agribisnis, bisnis dalam bidang teknologi informasi, ragam bisnis dari sektor nyata, serta tentang manufaktur.

Setelah perubahan awal tersebut, koran bisnis Indonesia kembali mengalami perubahan yaitu pada tahun 2005, tepatnya pada tanggal 1 Agustus. Dengan tampilan yang lebih compact, bisnis Indonesia juga mencantumkan email penulis berita serta nama dari reporter masing-masing berita.

Perubahan yang terjadi pertama kali di Indonesia tersebut, menjadi salah satu jembatan yang membuat interaksi antara pembaca dengan penulis menjadi semakin dekat dan meningkat.

Dan terakhir, bisnis di Indonesia ini kembali mengalami perubahan pada bagian tampilan serta tagline menjadi “Navigasi Bisnis Terpercaya”.


Koran Bisnis Indonesia Terbaru : Bisnis Indonesia Epaper

Hingga saat ini bisnis online Indonesia berhasil ditampilkan menjadi sebuah harian yang lebih praktis dan mudah didapatkan yaitu dengan memanfaatkan media Internet. Anda dapat memperoleh kumpulan informasi dan berita yang sangat update dengan cara yang sangat mudah dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Dengan memasuki alamat website resmi dari harian tersebut yang saat ini disebut dengan bisnis Indonesia epaper, Anda akan memperoleh informasi lengkap seputar kabar terbaru dengan durasi waktu 24 jam terakhir.

Selain itu, ada banyak menu lain yang dapat Anda temukan mulai dari pasar, industri, keuangan, otomotif, informasi seputar Jakarta Raya, gadget, properti, bola, Life Style, manajemen, bisnis televisi, bisnis syariah, dan masih banyak kategori lainnya yang disajikan dalam harian bisnis Indonesia epaper.

Paket Koran Bisnis Indonesia Epaper

Anda dapat menjadi anggota dari bisnis Indonesia online, tentunya dengan melakukan pendaftaran email. Setelah terdaftar dan mempunyai ID member, Anda dapat berlangganan koran bisnis Indonesia tersebut dengan penawaran harga yang sangat terjangkau.

Ada beberapa paket pilihan bisnis Indonesia.com yang tersedia, yaitu sebagai berikut :

  1. Paket Basic

    Harga    : Rp 325.000,00

    Durasi    : 30 hari

    Sistem download per halaman

    Terdapat halaman kliping

    Dapat melihat preview berita 1 bulan sebelumnya.

  2. Paket Bronze

    Harga    : Rp 900.000,00

    Durasi    : 90 hari

    Sistem download per halaman

    Terdapat halaman kliping

    Dapat melihat preview berita 1 bulan sebelumnya.

  3. Paket Silver

    Harga    : Rp 1.700.000,00

    Durasi    : 180 hari

    Sistem download per halaman

    Terdapat halaman kliping

    Dapat melihat preview berita 1 bulan sebelumnya.

  4. Paket Gold

    Harga    : Rp 3.000.000,00

    Durasi    : 365 hari

    Sistem download per halaman

    Terdapat halaman kliping

    Dapat melihat preview berita 1 bulan sebelumnya.

Demikian info yang dapat kami sampaikan dari bisnis Indonesia. Semoga menjadi sumber informasi penuh manfaat bagi Anda semua.